Saturday 5 March 2016

CONTOH PEKERJAAN PELAPIS LANTAI DAN DINDING RKS

BAB  IX
PEKERJAAN PELAPIS LANTAI DAN DINDING

A.   PEKERJAAN LANTAI RABAT BETON

Pasal  01

LINGKUP PEKERJAAN

       Bagian ini meliputi penyediaan tenaga kerja, bahan-bahan, peralatan dan alat-alat bantu yang dibutuhkan dalam pelaksanaan seluruh pekerjaan lantai rabat beton sesuai dengan detail yang disebutkan dalam gambar atau petunjuk Pengawas.
  

Pasal  02

PENGENDALIAN PEKERJAAN

Seluruh pekerjaan akan disesuaikan menurut standard
§   NI-2-1971
§   NI-3-1970
§   NI-8-1974
§   ASTM
§   PUBBI 1982 

Pasal  03

PELAKSANAAN

3.1.    Untuk pemasangan langsung di atas tanah, yang akan dipasang rabat harus dipadatkan untuk mendapatkan permukaan yang rata dan padat sehingga diperoleh daya dukung tanah yang maksimum.
3.2.    Pasir urung bawah lantai yang disyaratkan merupakan permukaan yang keras, bersih dan bebas alkali, asam maupun bahan organik lainnya yang dapat mengurangi mutu pasangan. Tebal lapisan pasir urug minimum 7 cm atau sesuai dengan gambar, disiram dengan air sehingga diperoleh kepadatan yang maksimal.
3.3.    Lantai beton rabat dicor 5 cm minimum atau sesuai dengan gambar dengan adukan 1 PC : 3 Ps : 5 Kr.
3.4.    Lantai beton rabat permukaannya harus rata, dengan memperhatikan kemiringan daerah basah dan teras.


B.   PEKERJAAN LANTAI  DAN DINDING KERAMIK

Pasal  01

LINGKUP PEKERJAAN

Bagian ini meliputi penyediaan tenaga kerja, bahan-bahan, peralatan dan alat-alat bantu yang dibutuhkan dalam pelaksanaan seluruh pekerjaan lantai dan dinding  keramik sesuai dengan detail yang disebutkan dalam gambar atau petunjuk Pengawas.
  

Pasal  02

PENGENDALIAN PEKERJAAN

Seluruh pekerjaan akan disesuaikan menurut standard :
§  NI-2-1971
§  NI-3-1970
§  NI-8-1974
§  SII-0243-1979
§  ASTM
§  PUBBI 1982

Pasal  03

PERSYARATAN BAHAN

Spesifikasi Bahan Keramik yang digunakan adalah:
§  Type                      :        Glazur Tile
§  Ukuran-ukuran   :        - 60 x 60 cm (lantai)    
                                                 - 60 x 60 cm anti slip (lantai teras)
                                                 - Produksi Glazur Tile = Esenza, Platinum, Roman atau setara
                                                  - Warna dan corak akan ditentukan kemudian
  

Pasal  04

CONTOH-CONTOH

4.1.    Sebelum diadakan pemasangan, Pemborong harus memberikan contoh bahan-bahan yang akan digunakan untuk disetujui Konsultan Perencana dan Pengawas.
4.2.    Contoh bahan yang telah disetujui akan digunakan sebagai pedoman/standard bagi Pengawas untuk menerima atau memeriksa bahan yang dikirim oleh Pemborong ke lapangan.


Pasal 05

PELAKSANAAN

5.1.    Keramik yang dipasang adalah yang telah diseleksi dengan baik, warna, motif tiap keramik harus sama, tidak boleh retak, gompal atau cacat lainnya.
5.2.    Lebar celah lantai dan dinding keramik maksimal 4 mm.  Pengisi celah/naad/siar diberi warna dengan warna sesuai keramik yang dipasang atau warna lain atas persetujuan Pengawas.
5.3.    Pola pemasangan keramik harus sesuai dengan gambar detail atau sesuai petunjuk Pengawas.
5.4.    Pemotongan keramik harus menggunakan alat pemotong khusus, sesuai petunjuk produsen pembuat.
5.5.    Keramik yang sudah terpasang harus dibersihkan dari segala macam noda-noda yang melekat sehingga benar-benar bersih (warna keramik tidak kusam/buram).
5.6.    Adukan pengikat untuk pemasangan keramik pada lantai menggunakan campuran 1 PC : 4 PS, sedangkan untuk daerah basah (toilet) adukan pengikat dengan campuran 1 PC : 2 PS.
5.7.    Lebar siar-siar harus sama dengan kedalaman maksimal 4 mm membentuk garis lurus atau sesuai dengan gambar atau petunjuk Pengawas. Siar-siar harus diisi bahan pengisi berwarna (grout semen berwarna) yang sesuai dengan warna lantai.
5.8.    Sebelum keramik dipasang, terlebih dahulu harus direndam dalam air sampai jenuh.
5.9.    Keramik yang telah terpasang harus dihindarkan dari sentuhan/beban selama 2 x 24 jam dan dilindungi dari kemungkinan cacat akibat pekerjaan lain.
5.10. Hasil pemasangan keramik lantai harus merupakan bidang permukaan yang benar-benar rata, tidak bergelombang dengan memperhatikan kemiringan didaerah basah dan teras.

5.11. Keramik plint harus terpasang siku terhadap lantai, dengan memperhatikan siar-siarnya bertemu siku dengan siar lantai dan dengan ketebalan siar yang sama pula. 

No comments:

Post a Comment